Wabah PMK Mengkhawatirkan, Usaha Daging Sapi Terancam Berhenti

- Senin, 16 Mei 2022 | 15:00 WIB
(internet)
(internet)

Wabah penyakit mulut dan kaki (PMK) pada hewan ternak kian mengkhawatirkan. Pasalnya PMK mulai menyebar di beberapa daerah, tentu ini akan berdampak pada ekonomi.

Pihak Asosiasi Pengusaha Daging dan Hewan Ternak (Aspednak) Indonesia mengungkapkan dampak wabah PMK yang menyerang hewan ternak kian nyata dan mengkhawatirkan.

Ketua Umum Aspednak Indonesia, Isa Anshori mengatakan pihak-pihak yang berkecimpung di dunia usaha tersebut mulai dari peternak, pengepul, hingga pengusaha ternak kini tengah resah.

Baca Juga: Robot di Wilayah Masjidil Haram Ini Mampu Menjawab Pertanyaan dalam 11 Bahasa

Musababnya, jika wabah PMK terus menyebar sektor usaha yang digeluti mereka terancam berhenti. Isa menjelaskan, adanya kebijakan karantina kandang dan penutupan jalur distribusi ternak antardaerah atau wilayah, akan mengancam ketersediaan daging dan hewan ternak yang sehat.

"Itu menyebabkan masyarakat kebingungan, di mana daging dari pemotongan ternak suspek PMK berpotensi terus beredar di provinsi asal karena para peternak berusaha menyelamatkan masing-masing pendapatannya,” tuturnya seperti dikutip harianhaluan.com dari Pikiran Rakyat, Senin (16/5/2022).

Kemudian, kata dia, dengan berlakunya kebijakan-kebijakan tersebut, akan berdampak pula terhadap harga ternak dan daging yang diperkirakan akan melonjak naik.

Baca Juga: Perjuangan Tim Thomas dan Uber Cup Indonesia Layak Diapresiasi

“Meskipun terjual murah dan jangka waktu yang cepat akan terus membuat dampak harga ternak dan daging semakin mahal," tambah Isa.

Halaman:

Editor: Feri Heryanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Wako Batam Minta Warga Patuhi Lagi Prokes

Rabu, 6 Juli 2022 | 08:59 WIB

Vaksin Booster Menjadi Syarat Perjalanan

Selasa, 5 Juli 2022 | 20:10 WIB

Catat! Naik Pesawat Wajib Vaksin Dosis Ketiga

Selasa, 5 Juli 2022 | 07:19 WIB

Gempa M5,3 Guncang Bitung Sulut

Minggu, 3 Juli 2022 | 08:34 WIB

Holywings Didugat sebesar Rp35,5 Triliun

Sabtu, 2 Juli 2022 | 12:18 WIB

Revitalisasi Masjid Agung Batam Segera Dilakukan

Kamis, 30 Juni 2022 | 09:15 WIB
X