Ini Perubahan Perilaku Masyarakat saat Pandemi

- Senin, 30 Agustus 2021 | 07:15 WIB
ilustrasi (pikiran-rakyat.com)
ilustrasi (pikiran-rakyat.com)


Selama pandemi saat ini, ada perubahan perilaku masyarakat yang bisa dikatakan cukup signifikan. Fenomena itu dikemukakan oleh Founder dan CEO Alvara Research Center, Hasanuddin Ali yang dilansir okezone.com.

Dia menyampaikan, saat pandemi ini, mobilitas masyarakat menjadi lebih terbatas. Masyarakat dituntut untuk mampu beradaptasi dengan kondisi yang ada. Beragam aktivitas yang biasa dilakukan sebelum pandemi seperti bersekolah, bekerja, dan bersosialisasi berubah menjadi kegiatan yang dilakukan secara daring saat ini.

“Salah satu yang mencolok adalah terhadap perilaku digital kita. Publik mendapatkan alternatif media untuk tetap bisa melakukan komunikasi kemudian bisa berjejaring,” jelas Hasanuddin.

Akibatnya, Hasanuddin mengatakan tingkat penggunaan internet di Indonesia oleh masyarakat meningkat pesat.

“Kalau dulu rata-rata orang Indonesia itu konsumsi internet sebelum pandemi, itu dalam satu hari 3-4 jam. Dalam kondisi pandemi sekarang, terutama ketika dulu PSBB dan kemudian sekarang PPKM, tiba-tiba konsumsi internet kita di atas 6 jam sehari. Jadi luar biasa kita menghabiskan waktu di dunia digital kita,” ujarnya.

Hal tersebut juga dapat dibuktikan berdasarkan data dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). Menurut APJII, jumlah pengguna internet di Indonesia hanya sekitar 55% dari populasi pada tahun 2019 sedangkan dari hasil Laporan Survei Internet APJII kuartal II 2020 menyebutkan bahwa penetrasi internet di Indonesia sudah mencapai 73,7% atau sebanyak 196,71 juta pengguna.*

(sumber: okezone.com)

Editor: Feri Heryanto

Tags

Terkini

Longsor di Deli Serdang, Tiga Orang Meninggal Dunia

Minggu, 24 Oktober 2021 | 10:27 WIB

Waduh! Lionel Messi Bertengkar dengan Bintang PSG

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 12:28 WIB

Kabupaten Malang Diguncang Gempa Magnitudo 5,3

Jumat, 22 Oktober 2021 | 10:00 WIB

Biaya Umrah Diperkirakan Bakal Naik, Ini Kisarannya

Kamis, 21 Oktober 2021 | 14:21 WIB
X