Kasus Covid-19 Muncul di PON XX Papua. Ini Langkah Menpora

- Kamis, 7 Oktober 2021 | 06:13 WIB
(pikiran-rakyat.com)
(pikiran-rakyat.com)

Sekitar 29 atlet dan ofisial terkonfirmasi positif covid-19 dalam perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

Terkait hal tersebut, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Zainudin Amali, langsung mengambil langkah dengan langsung berkoordinasi dengan Panwasrah PON XX Papua, PB PON, Dinas Kesehatan dan Satgas covid-19 untuk segera melakukan tracing.

"Saya kira pertandingan-pertandingan di PON telah dilaksanakan dengan prokes ketat dan dengan buble to buble. Saya kira PON XX Papua masih lanjut terus karena semua sudah divaksin hingga 60-70%," ujar Amali dalam keterangan tertulis, Rabu, 6 Oktober 2021.

Baca Juga: Kalahkan Italia 2-1, Spanyol ke Final UEFA Nations League

Lebih lanjut, Amali mengungkapkan saat di cluster Mimika, Dinkes menyatakan mereka yang terpapar mengalami tanpa gejala dan CT valuenya sekitar 37an yang artinya masih aman, dua tiga hari kembali di tes juga sudah negatif.

"Kebanyakan mereka diketahui setelah PCR Swab Test akan kembali ke tempatnya masing-masing. Jadi, kalau atlet, pengalaman di berbagai tempat termasuk di olimpiade lalu kalau toh mereka juga terkena itu recoverynya sangat cepat karena daya tahan tubuhnya bagus," tambah Amali.

Baca Juga: Walah! Tersingkir dari Turnamen Akibat Salah Kota

Ia juga menuturkan akan berkoordinasi dengan Panwasrah dan Bidang Kesehatan PB PON dan Satgas untuk tracing. Selain itu, ia juga meminta untuk segera ditelusuri penyebarannya karena ini buble to bubble di masa inkubasi 7-14 hari, sehingga atlet dan ofisial khawatir sebenarnya telah terkonfirmasi sebelumnya hanya saja belum terdeteksi.

"Saat di PCR memang belum terlihat jika baru satu atau dua hari, setelah di sini masuk inkubasi baru terlihat saat mau pulang. Karena pada saat bertanding itu mereka selalu di antigen," ucap Amali.

Halaman:

Editor: Feri Heryanto

Tags

Terkini

Timnas Indonesia U-16 Tumbangkan Vietnam U-16 2-1

Minggu, 7 Agustus 2022 | 06:51 WIB

Berikut Hasil Liga Champions 2022-2023 Tadi Malam

Rabu, 3 Agustus 2022 | 09:53 WIB
X