SMPIILH Lingga Dorong Siswa Berkarya via Gerakan Hari Literasi

- Senin, 7 Februari 2022 | 07:56 WIB
(haluankepri.com)
(haluankepri.com)

Lingga (HK) - Sekolah maupun pesantren berperan penting dalam mengembangkan kreativitas peserta didik untuk mendongkrak literasi bangsa.

Sekolah dan Pesantren dapat mengembangkan keunggulan dalam literasi yang dimulai dari membaca hingga menulis. Dan diharapkan gerakan literasi tidak sekadar rutinitas semata.

Hal itulah yang diusung oleh SMP Islam Integral Luqman Al Hakim (SMPIILH) Lingga, sekolah yang berada di bawah naungan Pesantren Hidayatullah Lingga.

Baca Juga: Sadio Mane cs Juara Piala Afrika 2021!

"Di sini, sekolah tidak hanya menyediakan perpustakaan dengan fasilitas buku-buku yang menarik, tetapi pembelajaran di sekolah pun dimanfaatkan untuk meningkatkan literasi siswa," ucap Hamka, penggagas Gerakan Hari Literasi (Gahari) saat memberikan sambutan di Ponpes Hidayatullah Daik, Lingga, Minggu, 6 Februari 2022.

(haluankepri.com)

Dikatakannya, kedepan, kegiatan ini akan dilakukan secara rutin tiap pekan dan juga diikuti oleh siswa SDIILH Lingga, SMPIILH Lingga dan seluruh Santri Ponpes Hidayatullah Lingga.

Sementara itu, Badi’ul Hasani, Ketua MUI Kabupaten Lingga yang juga merupakan Kepala Sekolah SMPIILH Lingga menyampaikan, gerakan literasi bukan hanya gerakan di zaman modern. Gerakan ini sudah ada sejak zaman Nabi Muhammad SAW.

“Kalau kita mengkaji lebih dalam, sebetulnya pemberantasan buta huruf atau gerakan literasi justru bagi yang beragama Islam hukumnya wajib karena bagian dari sunnah rasul,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Feri Heryanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Generasi Menulis

Minggu, 5 Juni 2022 | 14:08 WIB

Apakah Proyek Anda Memiliki Risiko?

Rabu, 1 Juni 2022 | 15:09 WIB

Catat! Hari Ini Pengumuman SNMPTN 2022

Selasa, 29 Maret 2022 | 08:23 WIB
X