Generasi Menulis

- Minggu, 5 Juni 2022 | 14:08 WIB
ilustrasi (pikiran-rakyat.com)
ilustrasi (pikiran-rakyat.com)

Oleh: Syahrul

Nabi Muhammad SAW pernah mengingatkan para sahabat untuk tidak menulis selain Alquran, "Jangan kamu tulis sesuatu yang telah kamu terima dariku selain Alquran.”

Jika dipahami secara lebih mendalam, larangan ini menunjukkan bahwa para sahabat adalah pembelajar yang tekun. Para sahabat memiliki semangat menulis yang tinggi sehingga tidak ingin terlewatkan sedikit pun dari Nabi Muhammad SAW kecuali akan diabadikan dalam bentuk tulisan.

Karena dikhawatirkan akan tercampur dengan Alquran, Nabi SAW pun melarang. Sampai Nabi Muhammad SAW mengizinkan Abdullah bin Amr bin Ash menulis hadis karena ia telah memiliki kemampuan membaca dan menulis di atas rata-rata.

Menulis adalah sebuah keterampilan, sebagai salah satu dari empat keterampilan berbahasa, yaitu keterampilan menyimak (listening skills), keterampilan berbicara (speaking skills), keterampilan membaca (reading skills), dan keterampilan menulis (writing skills).

Dari empat keterampilan ini, menulis belum begitu kita kembangkan, sehingga terasa berat untuk memulai. Padahal, ia sama dengan keterampilan mendengar, berbicara, dan membaca. Karena mendengar dan berbicara yang paling banyak mendapatkan porsi dalam pendidikan di rumah dan sekolah.

Umat Islam harusnya mampu melahirkan generasi penulis, sebagaimana generasi ulama terdahulu. Berangkat dari spirit Iqra, perintah untuk membaca. Surah yang diturunkan pertama kali sebelum perintah-perintah yang lain.

Alquran adalah mukjizat terbesar Nabi Muhammad SAW. Sebuah kitab yang tertulis dan bisa dibaca. Dengan kitab ini, Rasulullah membawa umat yang buta huruf dan bodoh menuju cahaya ilmu pengetahuan dan peradaban yang agung. Allah mengajarkan manusia menulis dengan pena agar bisa saling memahami sebagaimana berkomunikasi dengan lisan.

Seandainya tidak ada tulisan, tentu ilmu-ilmu akan punah, agama tidak akan berbekas dan bertahan serta kehidupan tidak akan berjalan baik. Tulisan sebagai instrumen pengikat ilmu pengetahuan, mencatat kisah, dan perkataan orang-orang terdahulu.

Halaman:

Editor: Feri Heryanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Generasi Menulis

Minggu, 5 Juni 2022 | 14:08 WIB

Apakah Proyek Anda Memiliki Risiko?

Rabu, 1 Juni 2022 | 15:09 WIB

Catat! Hari Ini Pengumuman SNMPTN 2022

Selasa, 29 Maret 2022 | 08:23 WIB
X