Optimis Prestasi Siswa SMAN 16 Batam Meningkat 

- Minggu, 28 Juli 2019 | 23:38 WIB
02-29juli19 FOTO HL Foto Bersama
02-29juli19 FOTO HL Foto Bersama

BATAM (HK) - Hari Sabtu (27/7) kemarin, merupakan hari yang cukup sibuk bagi Tonggor Napitupulu SPd, Pembina OSIS SMAN 16 Batam. Ketika itu Tonggor pontang panting mengatur kegiatan siswa, terutama siswa baru yang sedang mengahadapi kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), dan pembagian jurusan.

Belum lagi pada hari Sabtu itu Tonggor harus menyeting kegiatan Seminar Motivasi Siswa tahap kedua, dan memberikan arahan untuk persiapan proses belajar mengajar (PBM) yang mulai efektif pada hari Senin (29/7). Sedangkan tugas lanjutan, Tonggor sebagai Pembina OSIS dihadapkan lagi dengan kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS), dan pemilihan Pengurus OSIS.
Namun Tonggor tetap semangat, karena memiliki harapan bahwa tahun ajaran baru ini merupakan awal perubahan baru meningkatnya prestasi siswa di SMAN 16 Batam. Ia mengaku optimis hal ini akan terjadi di sekolahnya, karena siswa yang masuk ke SMAN 16 Batam memiliki prestasi akademik dan nonakademik pariatif cukup menggembirakan.

"Kita optimis, kedepannya prestasi SMAN 16 Batam akan bisa menyaingi sekolah lainnya. Karena kita melihat siswa baru yang kita terima ini nilai akademik dan nonakademiknya cukup pariatif. Bahkan banyak yang memiliki nilai rata-rata 9 lebih, begitu pula dengan prestasi nonakademik malah banyak yang juara regional dan nasional," ujar Tonggor penuh optimis saat diwawancarai disela-sela kesibukannya mengatur kegiatan siswa, Sabtu (27/7).

Sementara kegiatan OSIS memasuki tahun ajaran baru ini, lanjut Tonggor, pihaknya telah memprogramkan mulai dari mengefektifkan peringatan hari-hari besar nasional lebih diisi kegiatan edukatif tidak sekedar seremonial semata, dan akan menyertakan anak didik dengan berbagai lomba baik akademik maupun nonakademik.

"Kemarin anak didik kita untuk bidang nonakademik ada yang meraih juara 2 tingkat Kota Batam. Maka dari itu kedepannya, apapun lombanya siswa akan kita sertakan, karena bagi kami menang atau tidak bukanlah tujuan utama. Namun yang terpenting dari lomba itu anak didik lebih terlatih mental bertandingnya, serta memiliki spritit untuk bisa berkompetisi dengan siswa lain. Dengan harapan pada lomba berikutnya siswa memiliki spirit bertanding yang tangguh baik dari segi mental maupun emosionalnya" katanya.

Begitu pula untuk mengasah bakat dan minat siswa, di SMAN 16 Batam telah mewadahi dengan berbagai ektrakurikuler (ekskul), terutama ekskul yang berkaitan dengan O2SN dan FLS2N, mulai dari batminton, bola volly, basket, futsal, dan lainnya, termasuk ekskul FLS2N, yakni tari dan lainnya. Disamping itu juga menggembleng Olimpiade Saint Nasional (OSN) yang telah dibentuk kelompok setiap mapelnya dibina langsung guru mapel bersangkutan.

"Sekarang kita sedang mempersiapkan Tim Futsal untuk ikut serta diajang Hydro Coco Cup National Futsal Tournamen 2019. Kita berharap Tim Futsal dari SMAN 16 Batam ini, bisa melaju ketingkat nasional," harapnya.

Namun untuk mengoptimalkan kegiatan ekskul di sekolahnya itu, lanjut Tonggor, selain dibina langsung oleh guru olahraga, juga pihaknya kerap mendatangkan pelatih dari luar, terutama untuk ekskul yang memang perlu penanganan lebih serius. Maka dari itu, ia merasa optimis dengan program yang dipola bersama guru dan Kepala Sekolahnya itu, akan mendongrak prestasi siswa SMAN 16 Batam dalam berbagai bidang.

Kelas Cukup Padat

Diakuinya bila lokal kelas dimiliki sekolahnya saat ini cukup terbatas, bila dibandingkan jumlah rombongan belajar (rombel) yang cukup banyak. Maka dari itu, hingga saat ini sekolahnya belum mampu mempola siswa perkelas diisi 36 siswaan. "Perkelas untuk siswa kelas X kita pola dari 50 hingga 54 siswa, kita akui memang kurang efektif bagi siswa belajar. Namun harus gimana lagi agar semua siswa terakomodir, terpaksa kita lakukan. Meski demikian, kita percaya bahwa guru yang kita miliki cukup mumpuni menyampaikan materi pelajaran, karena telah terbiasa mengajar dengan kelas padat," ucapnya lagi. (men)

 

-


Tonggor Napitupulu SPd
Pembina OSIS SMAN 16 Batam

Editor: Desain Haluan

Terkini

Catat! Jangan Pernah Dekati Narkoba!

Jumat, 5 Agustus 2022 | 13:19 WIB

Apakah Perceraian Menjadi Keputusan Terbaik?

Jumat, 5 Agustus 2022 | 13:16 WIB

Berliku Jalan untuk Pendidikan Profesi Guru

Minggu, 31 Juli 2022 | 10:57 WIB

Peran Sastra di Era Modern

Selasa, 26 Juli 2022 | 13:34 WIB

Kenapa Burung Sering Hinggap di Atas Kabel?

Jumat, 15 Juli 2022 | 10:52 WIB

Jangan Sia-siakan Keluarga

Jumat, 15 Juli 2022 | 08:43 WIB

Generasi Menulis

Minggu, 5 Juni 2022 | 14:08 WIB

Apakah Proyek Anda Memiliki Risiko?

Rabu, 1 Juni 2022 | 15:09 WIB
X