6 Pelajar SMK MHS Wakili Kepri - Diajang FLS2N dan O2SN Tingkat Nasional

- Rabu, 7 Agustus 2019 | 22:34 WIB
02 -08 Agustus 19 HL 5 Siswa
02 -08 Agustus 19 HL 5 Siswa

BATAM (HK) - Sebanyak enam pelajar dari SMK Multistudi High School (MHS) Batam terpilih mewakili Provinsi Kepri diajang lomba olimpiade olahraga siswa nasional (O2SN) dan festival lomba seni siswa nasional (FLS2N) tingkat nasional.

Keenam pelajar ini sebelumnya telah lolos seleksi tingkat Kota Batam dan berhasil menyisihkan sejumlah peserta ditingkat Provinsi Kepri untuk bidang Tari Kreasi dan Cabang atletik.

Untuk FLS2N berjumlah lima pelajar yang tergabung dalam Sanggar Rawi Kara Nari Bahu Warna (RNB) SMK MHS Batam diantaranya, Rizki Hezkia Wahyudi,Nico Jefrian, Wawan Ramadhan, Hendri Kurniawan, dan Fahry Al Ghany. Sedangkan satu pelajar lagi Rendy Kurniawan Putra mewakili Kepri untuk O2SN pada cabang atletik.

Didampingi Guru Kesenian Delly Arifianto SPd, kelima pelajar yang mewakili Kepri diajang FLS2N nasional itu bercerita, bahwa untuk performa tari kreasi yang mereka andalkan diajang FLS2N tingkat nasional nanti merupakan hasil karya bersama guru kesenian bertemakan 'Tari Angkang Duriangkang'. Sebuah tarian yang menceritakan leganda Pangeran Daeng dari Bugis yang kapalnya karam di perairan Batam.

"Kapal milik Pangeran Bugis yang ditumpangainya itu karam di dalam laut, si Pangeran memerintahkan ABK kapalnya dengan sebutan 'angkat duriangkang. Dari situlah nama perairan dan daerah itu akhirnya di Batam dikenal dengan sebutan Duriangkang," ujar Rizki sambil diamini teman-teman lainnya, Rabu (7/8).

Tarian Angkang Duriangkang sendiri gerakannya cukup tegas/ekstrem memiliki karakter kuat memerlukan kekompakan si penari. Namun berkat latihan yang tekun dilakukan setiap hari, maka terciptalah harmonisasi antar tim ketika menari. Meski mereka mengaku hanya dipelajari selama 2 Minggu sebelum bertanding.

"Intinya kami siap bertanding di PLS2N tingkat nasional yang akan diadakan di Lampung pada 15 September mendatang nanti. Dan kita merasa optimis bisa mempersembahkan performa yang baik dan meraih juara untuk dipersembahkan kepada Provinsi Kepri dan sekolah yang kita cintai ini," katanya bersahutan.

Ditempat yang sama Guru Kesenian SMK MHS Batam, Delly Arifianto SPd, menambahkan bahwa tari kreasi Angkang Duriangkang yang ia ciptakan bersama anak didiknya itu merupakan tarian baru yang belum pernah ditampilkan oleh penari manapun. Ia sendiri sengaja mengambil tema Duriangkang, karena merupakan mitos yang cukup melegendaris di tanah Melayu Batam ini.

"Gerakan sendiri kita padukan antara tari kreasi, Silat Melayu, Kempo, dan tingkat kesulitannyapun cukup tinggi. Awalnya anak didik merasa sulit, tapi dengan niat yang sungguh-sungguh lama kelamaan menyatu dengan jiwa mereka membuat gerakan menjadi harmonisasi satu sama lain," jelas Delly.

Sementara Rendy Kurniawan Putra yang berhasil mewakili Kepri untuk O2SN tingkat nsional pada cabang atletik, mengatakan kalau dirinya merasa yakin bisa merebut juara dari lima cabang atletik yang ia ikuti di 02SN tingkat nasional nanti digelar pada 25 Agustus di Aceh itu. Terutama untuk cabang lari, lompat jauh dan tolak peluru, karena ketiga cabang atletik ini mencatat jarak dan waktu cukup bagus saat dirinya bertanding.

"Seperti ketika cabang atletk untuk bidang lomba Lari saya mencatat waktu 12,26 detik, nanti tingkat nasional saya targetkan harus 10 detik," kata cowok yang sejak SD dan SMP selalu meraih juara lomba atletik, baik antar sekolah maupun tingkat Kota Batam. (men)

Editor: Desain Haluan

Terkini

Catat! Jangan Pernah Dekati Narkoba!

Jumat, 5 Agustus 2022 | 13:19 WIB

Apakah Perceraian Menjadi Keputusan Terbaik?

Jumat, 5 Agustus 2022 | 13:16 WIB

Berliku Jalan untuk Pendidikan Profesi Guru

Minggu, 31 Juli 2022 | 10:57 WIB

Peran Sastra di Era Modern

Selasa, 26 Juli 2022 | 13:34 WIB

Kenapa Burung Sering Hinggap di Atas Kabel?

Jumat, 15 Juli 2022 | 10:52 WIB

Jangan Sia-siakan Keluarga

Jumat, 15 Juli 2022 | 08:43 WIB

Generasi Menulis

Minggu, 5 Juni 2022 | 14:08 WIB

Apakah Proyek Anda Memiliki Risiko?

Rabu, 1 Juni 2022 | 15:09 WIB
X