Ini Syarat Mulai Belajar Tatap Muka di Masa Pandemi

- Rabu, 31 Maret 2021 | 14:35 WIB
Guru mengajar pada hari pertama sekolah tatap muka di Madrasah Aliyah Negeri 1 Aceh Barat, Aceh, Senin (20/7/2020).
Guru mengajar pada hari pertama sekolah tatap muka di Madrasah Aliyah Negeri 1 Aceh Barat, Aceh, Senin (20/7/2020).

Pemerintah berencana untuk membuka kembali proses belajar tatap muka di Tanah Air. Meski demikian, pembukaan proses belajar tatap muka tidak bisa dilakukan secara sembarangan.

Belajar tatap muka harus menyelesaikan lima tahapan atau syarat yang sudah ditentukan dan akan diawasi oleh pemerintah daerah.

Merangkum dari laman Instagram resmi Komite Percepatan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), @lawancovid-19_id, secara prinsip terdapat lima tahapan yang harus dilalui sebelum melakukan pembukaan di sektor pendidikan. Seperti dilansir okezone.com, berikut penjelasannya.

Pertama, Tahap Prakondisi

Adaptasi kebiasaan baru melalui sosialisasi dan memfasilitasi sarana dan prasarana pendukung penerapan protokol kesehatan untuk memudahkan masyarakat.

Kedua, Tahapan Timing

Proses ini bertujuan dalam menentukan waktu yang tepat dan mengacu pada data-data epidemiologi, kesiapan institusi pendidikan, dan ketersediaan fasilitas kesehatan.

Ketiga, Tahap Penentuan Prioritas

Mencakup simulasi pembukaan sekolah oleh institusi percontohan terlebih dulu dan dapat diperluas cakupannya secara bertahap. Simulasi harus pastikan seluruh aspek kegiatan belajar, mulai dari siswa berangkat sampai pulang ke rumah, dilakukan dengan penuh kehati-hatian, disertai pengawasan ketat oleh pemerintah daerah.

Keempat, Tahap Koordinasi Pusat dan Daerah

Koordinasi implementasi timbal balik antara pemerintah pusat dan pihak daerah di antaranya dinas kesehatan, dinas pendidikan, serta institusi pendidikan dan orangtua murid.

Kelima, Tahap Monitoring dan Evaluasi

Pemantauan pelaksanaan kegiatan pembelajaran dan evaluasi sesuai skenario pengendalian Covid-19 dengan prinsip kebijakan gas dan rem.

Pelaksanaannya harus dilakukan dengan penuh kehati-hatian, disertai pengawasan ketat oleh pemerintah daerah. Kelima tahapan ini juga berlaku bagi semua sektor kegiatan lain yang berlangsung di tengah masyarakat demi menjaga masyarakat agar tetap bisa produktif dan aman Covid-19.*

(sumber: okezone.com)

Editor: fery haluan

Terkini

Catat! Jangan Pernah Dekati Narkoba!

Jumat, 5 Agustus 2022 | 13:19 WIB

Apakah Perceraian Menjadi Keputusan Terbaik?

Jumat, 5 Agustus 2022 | 13:16 WIB

Berliku Jalan untuk Pendidikan Profesi Guru

Minggu, 31 Juli 2022 | 10:57 WIB

Peran Sastra di Era Modern

Selasa, 26 Juli 2022 | 13:34 WIB

Kenapa Burung Sering Hinggap di Atas Kabel?

Jumat, 15 Juli 2022 | 10:52 WIB

Jangan Sia-siakan Keluarga

Jumat, 15 Juli 2022 | 08:43 WIB

Generasi Menulis

Minggu, 5 Juni 2022 | 14:08 WIB

Apakah Proyek Anda Memiliki Risiko?

Rabu, 1 Juni 2022 | 15:09 WIB
X