DPD FSP LEM SPSI Kepri MoU dengan STIE Galileo

- Senin, 12 April 2021 | 14:38 WIB
IMG-20210412-WA0018
IMG-20210412-WA0018

Batam (HK) - Program pengembangan SDM pekerja menjadi salah satu konsen DPD F SP LEM SPSI Provinsi Kepri. Untuk itu, DPD FSP LEM SPSI Kepri menjalin kerjasama dengan STIE Galileo yang ditandai dengan penandatanganan Momerandum of Understanding (MoU).

Kerjasama dalam pengembangan SDM pekerja ini ditandatangani langsung oleh Ketua DPD FSP LEM SPSI Kepri, Syaiful Sofyan SH dan ketua STIE Galileo, Hazriyanto S.E, M.M, Ph.D, Sabtu (10/4/2021), di ruang pertemuan STIE Galileo di Komplek Green Garden blok C No.16 Kampung Seraya Batu Ampar, kota Batam.

Kepada media ini, Syaiful Badri Sofyan mengatakan bahwa dengan ditandatanganinya perjanjian kerja sama atau Momerandum of Understanding (MoU) ini diharapkan bisa menciptakan SDM pekerja Indonesia yang unggul dan berkualitas, sesuai dengan cita-cita Bangsa.

"Hari ini kami sepakat melakukan MoU sebagai bagian upayakan pengembangan SDM pekerja. Dimana pengurus, anggota dan keluarga LEM SPSI Kepri akan mendapatkan kemudahan kuliah di STIE Galileo," ungkap aktivis buruh senior Provinsi Kepri ini.

Diuraikan secara terperinci oleh Ketua STIE Galileo, Hariyanto bahwa kerjasama tersebut sebagai wujud komitmen pihak STIE Galileo memberikan beberapa kemudahan bagi pengurus, anggota dan keluarga anggota SPSI yang ingin melajutkan studi di STIE Galileo.

Kemudahan yang dimaksudkan, diantaranya pengurus, anggota dan keluarga anggota LEM SPSI Kepri yang ingin berkuliah di STIE Galileo gratis uang pendaftaran, mendapatkan potongan uang pembanguan dan potongan biaya SPP dengan hanya menunjukan kartu anggota SPSI baik itu dari Federasi LEM SPSI atau ferderasi yang lain yang tergabung dalam Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) saat pendaftaran.

"Uang pendaftaran gratis, ada potongan uang pembangunan dan potongan biaya SPP, cukup dengan menunjukkan kartu LEM SPSI Kepri atau serikat yang tergabung dibawahnya," ungkap Hazriyanto.

Selain itu, lanjutnya, pihaknya memberikan kemudahan kepada mahasiswa dengan menyesuaikan waktu kuliah dengan kondisi Batam yabg merupakan kota Industri dengan membuka kelas shift.

"Kami membuka shift dan malam sehingga pekerja yang bekerja pada shift pagi dapat kuliah pada malam hari, begitu juga pekerja bekerja pada shif malam dapat kuliah di pagi hari dengan sistem online," terangnya.

Ketua DPD FSP LEM SPSI Kepri, Syaiful Badri Sofyan mengatakan harus punya blue print ketenagakerjaan yang juga berorientasi pada pemecahan maslah tersebut. Sebab menurutnya, permasalahan SDM permasalahan serius pengembangan industri Kota Batam.

"Selama ini berbagai pihak sering mengungkapkan bahwa kualitas SDM kita rendah dan tak bisa bersaing dengan pekerja luar, tapi anehnya kita kita belum serius melakukan upaya peningkatan SDM kita," ucapnya.

"Saya berharap semua pihak memberikan perhatian, karena peningkatan SDM menjadi tanggung jawab bersama, utamanya pemerintah dan pengusaha," paparnya lagi.

Dijelaskannya, MoU itu adalah keputusan karena sejalan dengan Program DPD FSP LEM SPSI Provinsi Kepualuan Riau dan dari STIE Galileo untuk sama-sama meningkatkan Kualitas SDM pekerja di Kota Batam secara khusus dan Provinsi Kepri secara umum.

Syaiful menegaskan bahwa pengembangan SDM pekerja ini keberadaan organisasi buruh tidak hanya kritis pada kebijakan pemerintah, tetapi punya solusi yang ditawarkan demi kebaikan bersama sebagai komitmen bagaimana Kepri, terkhusus Kota Batam bisa maju dan lebih baik lagi.

"Serikat Pekerja harus merubah pola atau cara perjuangan buruh kedepan. Kita tidak selamnya hanya turun kejalan untuk menyampaikan tuntutan dengan bersuara vocal kepada Pemerintah. Namun kedepan kita juga harus bisa dialog yang berkualitas dan bermutu dengan pemerintah tentang bagaimana cara meningkatkan kesejahteraan Pekerja di Batam," pungkasnya. (r/ays)

Editor: fery haluan

Terkini

Catat! Jangan Pernah Dekati Narkoba!

Jumat, 5 Agustus 2022 | 13:19 WIB

Apakah Perceraian Menjadi Keputusan Terbaik?

Jumat, 5 Agustus 2022 | 13:16 WIB

Berliku Jalan untuk Pendidikan Profesi Guru

Minggu, 31 Juli 2022 | 10:57 WIB

Peran Sastra di Era Modern

Selasa, 26 Juli 2022 | 13:34 WIB

Kenapa Burung Sering Hinggap di Atas Kabel?

Jumat, 15 Juli 2022 | 10:52 WIB

Jangan Sia-siakan Keluarga

Jumat, 15 Juli 2022 | 08:43 WIB

Generasi Menulis

Minggu, 5 Juni 2022 | 14:08 WIB

Apakah Proyek Anda Memiliki Risiko?

Rabu, 1 Juni 2022 | 15:09 WIB
X