Pentingnya Literasi dalam Pendidikan Bahasa Indonesia

- Rabu, 27 Juli 2022 | 17:46 WIB
Oleh: Errika Febi, Mahasiswa Tadris Bahasa Indonesia FITK UIN Sumatera Utara. (istimewa)
Oleh: Errika Febi, Mahasiswa Tadris Bahasa Indonesia FITK UIN Sumatera Utara. (istimewa)


Oleh: Errika Febi, Mahasiswa Tadris Bahasa Indonesia FITK UIN SU

Manusia merupakan makhluk sosial yang tidak mungkin bisa hidup sendiri, manusia membutuhkan interaksi dengan sesamanya guna memenuhi berbagai kebutuhan hidup.

Manusia menciptakan berbagai ide dan kreativitas untuk kebutuhan sehari-hari. Bahasa, menjadi salah satu unsur paling penting dalam kehidupan manusia karena ia menjadi alat komunikasi yang utama. Perkembangan zaman yang semakin canggih akan mempengaruhi berkembangan ilmu pengetahuan.

Banyak masyarakat terutama kaum remaja yang lebih suka bermain gadget atau media sosial dibandingkan membaca buku. Padahal, membaca adalah sumber ilmu yang kita ketahui bahwa “Membaca membuka jendala dunia”.

Literasi yaitu kemampuan individu dalam mengolah informasi dan pengetahuan untuk keterampilan hidup.

Istilah literasi merupakan sesuatu yang akan terus berkembang dan terus beproses menjadi sarana peserta didik dalam mengenal, memahami dan menerapkan ilmu yang telah didapatnya dibangku sekolah.

Seseorang dapat dikatakan literat jika mereka sudah dapat memahami suatu hal karena telah memahami informasi sebagai hasil dari membaca yang tepat dan melaksanakan pemahamannya sesuai dengan apa yang dia serap.

Literasi (membaca-menulis) merupakan salah satu bentuk aktivitas dalam hidup yang sebagian besar proses Pendidikan bergantung pada kemampuan dan kesadaran literasi.

Budaya literasi yang tertanam dalam diri peserta didik mempengaruhi tingkat keberhasilan seseorang baik di sekolah maupun dalam kehidupan bermasyarakat. Secara umum, literasi berkaitan dengan istilah wacana mahir, yang artinya kemampuan seluruh bahasa mencakup kemampuan untuk mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis.

Kegiatan literasi penting bagi peserta didik terhadap keberhasilan belajar mereka karena keterampilan literasi yang baik akan membantu peserta didik dalam berbagai hal, khususnya pada pendidikan bahasa Indonesia.

Halaman:

Editor: Feri Heryanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Catat! Jangan Pernah Dekati Narkoba!

Jumat, 5 Agustus 2022 | 13:19 WIB

Apakah Perceraian Menjadi Keputusan Terbaik?

Jumat, 5 Agustus 2022 | 13:16 WIB

Berliku Jalan untuk Pendidikan Profesi Guru

Minggu, 31 Juli 2022 | 10:57 WIB

Peran Sastra di Era Modern

Selasa, 26 Juli 2022 | 13:34 WIB

Kenapa Burung Sering Hinggap di Atas Kabel?

Jumat, 15 Juli 2022 | 10:52 WIB

Jangan Sia-siakan Keluarga

Jumat, 15 Juli 2022 | 08:43 WIB

Generasi Menulis

Minggu, 5 Juni 2022 | 14:08 WIB

Apakah Proyek Anda Memiliki Risiko?

Rabu, 1 Juni 2022 | 15:09 WIB
X