Politeknik ATI Padang-Asperindo Buka Program Setara D1 Distribusi dan Transportasi Angkatan Kedua

- Selasa, 29 Juni 2021 | 19:18 WIB

KARIMUN (HK)-Politeknik ATI Padang bekerjasama dengan Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres Indonesia (ASPERINDO) Wilayah Sumatera kembali menyelenggarakan Program Setara D1 Distribusi dan Transportasi untuk Angkatan ke-2 tahun 2021.

Pembukaan program setara D1 ini dilaksanakan secara daring melalui platform zoom dan dibuka secara resmi oleh Kepala Pusat Pengembangan Pendidikan Vokasi Industri (PPPVI), Ir Iken Retnowulan, MT.

Iken menyampaikan apresiasiasi atas komitmen Asperindo dan Politeknik ATI Padang sehingga program ini bisa terselenggara kembali untuk angkatan ke-2.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Dewan Penasehat ASPERINDO Budi Paryanto, Koordinator Wilayah Sumatera I Yana Mulyana, Koordinator Wilayah Sumatera II M. Daud, Ketua DPW Asperindo Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Jambi, Batam, dan Riau serta pengurus DPP dan DPW ASPERINDO.

Acara ini sekaligus berisi pembekalan bagi calon mahasiswa baru dengan materi tentang Pengenalan ASPERINDO oleh Yekti P Suradji (Kepala Bidang SDM dan pendidikan Asperindo), Potensi bisnis Logistik oleh Haris Djumadi (Ketua DPW Asperindo Sumsel), dan Tata tertib & Soft Skill oleh Riza Yulfi, (Ketua DPW Asperindo Sumbar) Politeknik ATI Padang dan ASPERINDO.

Sebelumnya juga telah menyelenggarakan Program Setara D1 Distribusi dan Transportasi Angkatan pertama pada tahun 2019 dan telah menghasilkan lulusan sebanyak 30 orang.

Lulusan angkatan pertama ini telah bekerja di industri-industri dibawah ASPERINDO DPW Sumbar.

“Melihat minat yang besar dari masyarakat, juga komitmen yang tinggi dari ASPERINDO, maka pada tahun 2021 ini Politeknik ATI Padang membuka kembali Program Setara D1 Distribusi dan Transportasi Angkatan Kedua Tahun Akademik 2021 yang bekerja sama dengan ASPERINDO khususnya wilayah Sumatera yaitu Sumbar, Sumsel, Sumut, Riau, Jambi dan Batam. Seleksi calon mahasiswa dilakukan langsung oleh ASPERINDO dengan tes tertulis dan wawancara dan diperoleh sebanyak 28 calon mahasiswa baru yang akan melaksanakan pendidikan selama dua semester mulai tanggal 1 Juli 2021 ini,“ ujar Direktur Politeknik ATI Padang, Ester Edwar pada pidato laporan pembukaan Program Setara D1 Transportasi dan Distribusi ini.

Sasaran pelaksanaaan program ini adalah agar mahasiswa memperoleh pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja dan kualifikasi pekerjaan yang diharapkan dan mendapatkan keterampilan sosial dan pengembangan individu.

Bagi perusahaan atau asosiasi, program ini akan menjamin ketersediaan tenaga kerja yang memiliki kompetensi sesuai kebutuhan industri. Perusahaan juga terlibat dalam pendidikan untuk membentuk calon tenaga kerja yang juga akan mengurangi biaya rekrutmen calon tenaga kerja.

Keterlibatan perusahaan dalam pendidikan juga menunjukkan adanya tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility) untuk berpartisipasi menghasilkan sumber daya manusia yang kompoten dan berdaya saing.

Sementara, bagi pemerintah terutama Kementerian Perindustrian, program ini dapat menyediakan pendidikan yang sesuai kebutuhan pasar, mendorong penguatan dan peningkatan daya saing industri melalui penyediaan tenaga kerja yang kompeten, serta mendorong peran industri bersama-sama pemerintah dalam penguatan dan pengembangan pendidikan. (*)

Editor: Ilham Sijori

Terkini

STAI Ibnu Sina Batam Wisuda 58 Mahasiswa

Senin, 20 September 2021 | 19:18 WIB

Pendidikan Seksual Penting atau Tidak?

Sabtu, 18 September 2021 | 12:19 WIB

Sekolah Tatap Muka di Batam Dimulai Pekan Depan

Kamis, 16 September 2021 | 14:56 WIB

Mewaspadai Ancaman Lost of Adab

Minggu, 12 September 2021 | 19:13 WIB

Tak Zamannya Lagi Ber-medsos untuk Hal Negatif!

Jumat, 10 September 2021 | 07:44 WIB

Jalan Penyejuk Hati, Memaknai Panjang Umur

Jumat, 3 September 2021 | 20:34 WIB

Moral vs Corona pada Generasi Muda di Tengah Pandemi

Selasa, 24 Agustus 2021 | 18:56 WIB

UI Punya Prodi Kedokteran Penerbangan

Senin, 26 Juli 2021 | 12:57 WIB
X