Komunikasi Publik Gubernur dan Wagub Kepri Harus Diperbaiki

- Rabu, 18 Agustus 2021 | 17:15 WIB
(istimewa)
(istimewa)

Batam (HK) - Hubungan antara Gubernur Kepri Ansar Ahmad dan Wakil Gubernur Kepri Marlin Agustina yang kurang harmonis dikhawatirkan akan berdampak terhadap program kerja daerah. Permasalahan ini harus segera diselesaikan agar program-program yang telah direncanakan dapat berjalan dengan baik.

Dosen STISIPOL Raja Haji Tanjungpinang, Zamzami A Karim mengatakan persoalan hubungan yang tidak harmonis kepala daerah memang kerap terjadi. Tak hanya di Kepri, beberapa daerah lainnya juga terjadi demikian.

"Ini konsekuensinya karena pasangan kepala derah diusulkan oleh gabungan partai politik," kata Zamzami, saat diskusi virtual dengan wartawan, Rabu (18/8/2021).

Namun, pada dasarnya, kata dia pembagian tugas kerja antara Gubernur dan wakilnya sudah diatur jelas dalam Undang-undang 23/2014 tentang Pemda. Sehingga, seharusnya permasalahan komunikasi yang tak harmonis ini tidak terjadi.

"Dan seharusnya kalaupun ada masalah dapat diselesaikan dengan baik," katanya.

Karena itu sangat disayangkan ketika Gubernur Kepri, Ansar Ahmad menyampaikan langsung ke publik terkait hubungan yang tidak harmonis dengan wakilnya tersebut. Secara etika komunikasi sebagai pejabat publik tentu kata dia harus diperbaiki.

Menurut Zamzami, Ansar harus ingat bahwa jabatan publiknya sebagai Gubernur Kepri akan melekat pada dirinya. Artinya meskipun sebagai anggota salah satu partai politik, jabatan publik tersebut tidak akan dapat dilepasnya ketika sudah menjabat sebagai Gubernur Kepri.

"Saya sebenarnya kaget saat menonton video Pak Gubernur yang menyampaikan hubungannya dengan Wagub tidak harmonis. Yang awalnya hanya dugaan jadi terkonfimasi sendiri dari Gubernur," katanya.

Zamzami mengatakan yang dibutuhkan masyarakat saat ini adalah bagaimana penanganan covid-19 saat ini dapat berjalan dengan baik. Program-program pembangunan dan ekonomi dapat bergerak sesuai dengan yang diharapkan.

Halaman:

Editor: Feri Heryanto

Tags

Terkini

Mardani H Maming Masuk Bursa Capres 2024

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 06:56 WIB

Sekjen Gerindra: Prabowo Subianto Maju di Pilpres 2024

Minggu, 10 Oktober 2021 | 13:36 WIB

Lima PAC PKB Batam Diganti Jelang Muscab

Minggu, 8 Agustus 2021 | 17:10 WIB

DPW PPP Kepri Mulai Atur Strategi untuk Pileg 2024

Rabu, 4 Agustus 2021 | 09:48 WIB

Tampilan Baru PKS, Lebih Nasionalis dan Milenial

Sabtu, 19 Juni 2021 | 10:04 WIB

Partai Ummat Resmi Dideklarasikan Amien Rais

Kamis, 29 April 2021 | 13:55 WIB

AHY: Tak Ada Dualisme Demokrat

Rabu, 31 Maret 2021 | 16:18 WIB

Terpopuler

X