Kronologi Dugaan Pelecehan Budaya oleh Lisa BLACKPINK Dalam Video Money

- Jumat, 1 Oktober 2021 | 09:39 WIB
Lisa BLACKPINK (Instagram/lalalalisa_m)
Lisa BLACKPINK (Instagram/lalalalisa_m)

Lisa BLACKPINK belum lama ini merilis musik video (MV) terbaru bagian dari debut solo album LALISA berjudul “MONEY”. Namun sejak perilisan MV “MONEY” 23 September lalu, ia mendapat kritik dan tuduhan telah melakukan pelecehan budaya.

Tuduhan pelecehan budaya ini datang karena penampilan Lisa BLACKPINK yang menggunakan model rambut kepang panjang bergaya Afrika.

Gaya rambut kepang tersebut lazim disebut sebagai box braids yang merupakan bagian integral dari budaya dan identitas orang kulit hitam.

Melansir dari genesiscareer.edu tentang History of Braids More Than just a Hairstyle, box braids berasal dari Afrika Selatan dan dapat ditelusuri sejarahnya hingga 3500 sebelum masehi.

Gaya rambut box braids ini umumnya digunakan oleh wanita kaya dan juga sebagai simbol kesiapan untuk menikah hingga status ekonomi.

Menghadapi isu yang sensitif terkait budaya ras lain, penyanyi bertalenta usia 23 tahun ini harus meminta maaf atas pilihan gaya rambutnya.

Begini kronologi mengapa Lisa BLACKPINK mendapat tuduhan pelecehan budaya atas penampilannya di video musik “MONEY”.

Bermula dari YG Entertainment merilis poster resmi “MONEY” di akun Twitter official BLACKPINK pada 22 September sehari sebelum perilisan.

Blinks (penggemar Blackpink) antusias dengan lagu baru Lisa, namun tidak dengan pilihan gaya rambut pony tail yang diberi aksen kepang panjang berwana merah terang. Dari sini Lisa sudah mendapat banyak komentar pedas.

Halaman:

Editor: Puspita Indah Cahyani

Sumber: Berita DIY

Tags

Terkini

X