Dorce Gamalama Idap Hipoglikemia, Apa Itu?

- Rabu, 13 Oktober 2021 | 12:42 WIB
Dorce Gamalama. (pikiran-rakyat.com)
Dorce Gamalama. (pikiran-rakyat.com)

Komedian dan Presenter, Dorce Gamalama beberapa hari lalu dilarikan ke rumah sakit. Dia kehilangan kesadaran akibat penyakit Hipoglikemia yang dideritanya. Meski demikian, kondisi Dorce dikabarkan semakin membaik.

Dokter Spesialis Saraf Primaya Hospital Bekasi Barat, dr Fakhrunnisa, Sp.S yang merawat Dorce menjelaskan bahwa hipoglikemia merupakan kondisi ketika kadar gula darah atau glukosa terlalu rendah.

Baca Juga: Tamara Bleszynski Ditipu, Rugi Belasan Miliar Rupiah

"Glukosa adalah sumber energi utama untuk otak dan tubuh. Kisaran normal kadar glukosa darah itu 70-140 miligram per desiliter (mg/dL). Kadar pada setiap orang berbeda berdasarkan makanan terakhir dan hal-hal lain, termasuk obat-obatan yang diminum," jelas dr Fakhrunnisa dalam keterangan resminya, Senin (11/10/2021).

Baca Juga: Catat! ASN Dilarang Cuti 18 hingga 22 Oktober

"Jika kadar gula darah turun terlalu rendah, diperlukan perawatan segera untuk menghindari risiko seperti kejang, pingsan, hingga kerusakan otak," tambahnya.

Glukosa berperan menyediakan energi yang dibutuhkan untuk kinerja tubuh sehari-hari. Organ yang paling memerlukan glukosa adalah otak. Otak manusia sendiri penuh dengan neuron yang terus memanfaatkan glukosa untuk berpikir, belajar, dan mengingat.

Baca Juga: Bea Cukai Batam Lelang Mobil Mewah

Ketika otak tidak mendapatkan cukup glukosa, neuron tidak memiliki bahan bakar yang dibutuhkan untuk berkomunikasi dengan seluruh tubuh sehingga tak dapat melakukan tugasnya dengan baik. Akibatnya menyebabkan penderita tak sadarkan diri.

Halaman:

Editor: Feri Heryanto

Tags

Terkini

Baim Wong Tidak Masuk Daftar pertemanan Raffi Ahmad?

Jumat, 15 Oktober 2021 | 11:10 WIB

Terpopuler

X