Ovelina Pratiwi Sosok yang Bantu Rachel Vennya Kabur dari Karantina Staf di DPR RI

- Senin, 13 Desember 2021 | 10:07 WIB

 

HALUAN KEPRI – Dalam kasus kabur saat menjalani karantina, Rachel Vennya mengaku membayar Rp40 juta kepada Ovelina Pratiwi yang belakangan diketahui merupakan pegawai di bagian acara Setjen DPR RI.

Terkait hal tersebut, Ovelina Pratiwi dinyatakan bersalah dan divonis 4 bulan penjara. Namun hukuman tersebut berstatus hukuman percobaan.

"Menyatakan Terdakwa Ovelina Pratiwi binti Achmad telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana 'Tanpa hak atau melawan hukum Dengan sengaja memberi bantuan yang tidak mematuhi penyelenggaraan Kekarantinaan Kesehatan dan/atau menghalang-halangi penyelenggaraan Kekarantinaan Kesehatan sehingga menyebabkan kedaruratan Kesehatan Masyarakat'," demikian putusan hakim terhadap Ovelina diketahui dari situs SIPP PN Tangerang, Senin (13/12).

“Menjatuhkan pidana kepada Terdakwa Ovelina Pratiwi binti Achmad oleh karena itu dengan pidana penjara selama 4 bulan dengan ketentuan bahwa hukuman tersebut tidak perlu dijalani kecuali apabila di kemudian hari dengan putusan Hakim diberikan perintah lain atas alasan Terpidana sebelum waktu percobaan selama 8 bulan berakhir telah bersalah melakukan sesuatu tindak pidana dengan syarat dalam masa percobaan," sambung putusan hakim.

Sementara itu, Hakim menyatakan Rachel Vennya, Salim dan Maulida bersalah telah kabur dari karantina. Mereka dijatuhi vonis masing-masing 4 bulan penjara. Namun meski telah mengakui memberi uang Rp 40 juta agar lolos dari karantina, Rachel Vennya tetap tidak ditahan.

 

Editor: Puspita Indah Cahyani

Tags

Terkini

X