Richard Lee Ditahan Terkait Kasus Akses Ilegal

- Selasa, 28 Desember 2021 | 10:50 WIB
Richard Lee ditahan terkait kasus akses ilegal akunnya yang disita polisi. (Instagram/ dr.richard_lee)
Richard Lee ditahan terkait kasus akses ilegal akunnya yang disita polisi. (Instagram/ dr.richard_lee)

HALUAN KEPRI – Dokter sekaligus YouTuber, Richard Lee, ditahan pada Senin (27/12) malam. Ia dikenakan pasal 30 ayat 1 UU ITE tentang Ilegal Akses dengan ancaman hukuman delapan tahun penjara.

"Iya mulai malam ini dilakukan penahanan," ungkap Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya kepada Kombes Pol Endra Zulpan, dalam keterangannya, Senin (27/12).

Penangkapan Richard Lee terkait illegal access menjadi kali kedua. Sebelumnya ia juga diamankan pada 11 Agustus 2021.

Ia masuk ke akun Instagram miliknya, yang telah telah disita kepolisan, tanpa meminta izin oleh pihak kepolisian. Padahal, ponsel Richard Lee tengah disita polisi karena terkait kasus pencemaran nama baik Kartika Putri.

Diketahui sebelumnya, Kartika Putri melaporkan Richard Lee atas kasus dugaan pencemaran nama baik. Sebaliknya, Richard Lee juga telah melaporkan balik Kartika Putri atas dugaan kasus yang sama.

Dugaan pencemaran nama baik bermula ketika Richard Lee memberikan edukasi melalui kanal YouTube tentang salah satu produk kecantikan berupa krim wajah yang dinilai berbahaya.

Ia menyebutk, produk tersebut mengandung merkuri dan hidroquinon yang diketahui setelah melalui uji laboratorium. Ternyata produk yang dimaksud Richard Lee pernah dipromosikan oleh Kartika Putri.

 

Editor: Puspita Indah Cahyani

Tags

Terkini

Aktor Gary Iskak Diamankan Karena Dugaan Narkoba

Selasa, 24 Mei 2022 | 18:53 WIB
X