Mau Tahu Sekolah Tinggi Ilmu Beruk? Ayo Kunjungi Desa Wisata Apar Pariaman

- Rabu, 5 Januari 2022 | 08:08 WIB
(internet)
(internet)

Mungkin ini sekolah tinggi paling unik. Namanya Sekolah Tinggi Ilmu Beruk (STIB). Sekolah ini berada di Desa Wisata Apar, Pariaman.

Desa wisata yang terletak di Kecamatan Pariaman Timur, Kota Pariaman, Sumatra Barat ini menyimpan kekayaan alam, budaya, dan kearifan lokal nan unik.

Dilansir Liputan6.com, pembelajaran di STIB terdiri dari enam kurikulum khusus yang berlangsung setiap pagi dan sore selama beberapa bulan. Selama tiga bulan pertama, hewan-hewan ini akan mengikuti pembelajaran mencakup pengenalan diri.

Baca Juga: Shin Tae-yong Terkesan dengan Sambutan Suporter Timnas Indonesia

Beruk masih pada tahap diberi makan dan dimandikan. Dua bulan selanjutnya, akan mengikuti tahapan yang disebut karambiah pancang. Beruk diperkenalkan dengan buah kelapa yang telah dipancang pada media berupa kayu.

Kemudian, disusul dengan pembelajaran karambiah sompong. Tahapan ini berupa memutar-mutar buah kelapa yang dipancang dalam jangka waktu satu bulan belajar. Pembelajaran selanjutnya berlangsung selama dua bulan, disebut karambiah gantuang. Mencakup cara menjatuhkan buah kelapa yang digantung di antara pohon kelapa lainnya.

Sebelum siap "turun ke lapangan," dan dapat membedakan mana buah kelapa tua atau muda, beruk terlebih dahulu mengikuti pelatihan yang disebut manjatuhkan karambiah. Pembelajarannya berjalan selama tiga bulan.

Baca Juga: Pratama Arhan Dikabarkan Diburu Klub-klub K League

Dikutip dari laman resmi Jejaring Desa Wisata Kemenparekraf, Selasa, 4 Januari 2022, Desa Wisata Apar memiliki ragam destinasi, termasuk hutan mangrove lengkap dengan jalur trekking-nya. Lokasi ini juga dilengkapi sejumlah gazebo dan menara pandang.

Halaman:

Editor: Feri Heryanto

Tags

Terkini

Rendang Indonesia Disukai oleh Warga Negara Ini

Minggu, 24 April 2022 | 09:41 WIB
X