Uji Coba Travel Bubble Indonesia-Singapura Dimulai

- Senin, 24 Januari 2022 | 14:06 WIB
Sandiaga Uno dan Gubernur Kepri, Ansar Ahmad saat rapat persiapan travel bubble di Kepri. (dokumen)
Sandiaga Uno dan Gubernur Kepri, Ansar Ahmad saat rapat persiapan travel bubble di Kepri. (dokumen)

Pemerintah saat ini tengah melakukan uji coba pembukaan travel bubble antara Indonesia dengan Singapura. Ini bertujuan untuk mendorong kegiatan pariwisata di Batam dan Bintan.

Hal itu disampaikan Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto, dalam konferensi pers update penanganan pandemi covid-19, Senin (24/1/2022).

“Dapat kami sampaikan bahwa pemerintah juga mendorong travel bubble antara Batam Bintan dengan Singapura. Ini tentu untuk mendorong kegiatan pariwisata di Batam, Bintan,” kata Airlangga.

Baca Juga: Azis Syamsuddin Dituntut 4 Tahun 2 Bulan Penjara

Airlangga menjelaskan, untuk pengaturan travel bubble ini sudah diterbutkan dalam Surat Edaran (SE) Satgas covid-19 tentang protokol kesehatan di pintu masuk bagi pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) di Kepri yaitu Nongsa Batam dan diterminal kapal Telani Bintan.

Persyaratannya bagi PPLN yang hendak melakukan travel bubble wajib melakukan 2 kali vaksin, negatif PCR 3 x 24 jam, memiliki visa kecuali bagi WNA Singapura yang bagian dari ASEAN.

“Kemudian tentu ini harus terus dimonitor dan mempunyai kepemilikan asuransi sebesar USD 30.000 Singapore dan menggunakan aplikasi PeduliLindungi,” ucapnya.

Baca Juga: Ngeri! BMKG Prediksi Potensi Tsunami Jawa Bisa di Atas 20 Meter

Selain itu, Pemerintah juga mengimbau agar pengelola kawasan wajib membentuk Satgas covid sesuai SE maupun peraturan Gubernur masing-masing.

Halaman:

Editor: Feri Heryanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rendang Indonesia Disukai oleh Warga Negara Ini

Minggu, 24 April 2022 | 09:41 WIB

Dispar Kepri Akan Luncurkan 239 Iven Pariwisata

Rabu, 2 Maret 2022 | 14:18 WIB
X