Kadispar Kepri: Turis Tanpa Karantina Masuk Nongsa dan Lagoi Kian Bangkitkan Pariwisata Kepri

- Selasa, 8 Maret 2022 | 12:32 WIB
Kepala Dinas Pariwisata Kepri, Buralimar. (internet)
Kepala Dinas Pariwisata Kepri, Buralimar. (internet)

Pemerintah mengeluarkan kebijakan bebas karantina bagi turis mancanegara yang datang ke Nongsa dan Lagoi. Hal ini langsung mendapat tanggapan positif dari Kepala Dinas Pariwisata Kepri.

Sebelumnya, Satgas Penanganan COVID-19 memperbarui aturan travel bubble di kawasan Batam dan Bintan dengan Singapura, yang mana Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) tetap menjalani karantina walau negatif COVID-19.

Durasi karantina mengikuti aturan terkini, yakni 7 hari bagi yang baru vaksinasi dosis pertama dan 3 hari bagi yang sudah vaksinasi dua dosis dan booster.

Baca Juga: Real Madrid vs PSG: Les Parisiens Tanpa Sergio Ramos

Aturan itu tertuang dalam Surat Edaran (SE) No 10 Tahun 2022 tentang Protokol Kesehatan Pelaku Perjalanan Luar Negeri Mekanisme Travel Bubble di Kawasan Batam, Bintan, dengan Singapura dalam Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), yang diteken Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Letjen TNI Suharyanto tertanggal 2 Maret 2022.

Namun, kini aturan tersebut diperbaharui kembali. Wisatawan tak perlu melakukan karantina saat memasuki Nongsa di Batam dan Lagoi di Bintan.

Namun, Dispar Kepri juga meminta SE no 10 tahun 2022 tentang Pembatasan Kegiatan Masyarakat dihapus dan disesuaikan dengan kebijakan yang baru.

Baca Juga: Penyengat Diresmikan Sebagai Pulau Digital

“Kami apresiasi pemerintah pusat. Nanti kami minta SE no 10 tahun 2022 itu dicabut saja disejalankan dengan pengumuman bahwa pemberlakuan antigen dan PCR tidak lagi dibutuhkan dalam perjalanan,” kata Buralimar, Selasa 8 Maret 2022.

Halaman:

Editor: Feri Heryanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Wisata ke Batam, Jangan Lupa Oleh-Oleh Khas Ini

Senin, 20 Juni 2022 | 08:21 WIB

Konsep Sijori Bisa Pulihkan Pariwisata Kepri

Sabtu, 11 Juni 2022 | 11:05 WIB

Rendang Indonesia Disukai oleh Warga Negara Ini

Minggu, 24 April 2022 | 09:41 WIB
X