Konsep Sijori Bisa Pulihkan Pariwisata Kepri

- Sabtu, 11 Juni 2022 | 11:05 WIB
Kepala Dinas Pariwisata Kepri, Buralimar. (internet)
Kepala Dinas Pariwisata Kepri, Buralimar. (internet)

Batam (HK) - Konsep Singapura-Johor-Kepulauan Riau (Sijori) kembali digalakan oleh Dinas Pariwisata Kepri. Hal ini sebagai salah satu upaya untuk pemulihan pariwisata seiring sejumlah pelonggaran aturan untuk wisatawan.

Kepala Dinas Pariwisata Kepri, Buralimar mengatakan perkembangan perekonomian masing-masing negara sudah berbeda dan mengalami peningkatan.

Untuk itu, penting bagi Kepri mengambil sikap untuk meningkatkan ekonomi. Apalagi Kepri sudah memiliki hubungan baik dengan dua negara tetangga tersebut.

Selain itu, Kepri juga masuk ke dalam daerah Growth Triangle yang memang sudah matang dari segi destinasi pariwisata disusul Jakarta dan Bali, lalu di bawahnya ada Jawa Tengah, Sumatera dan lainnya.

“Kami ingin menghidupkan Sijori. Kita ini maju selangkah dengan daerah lain. Tapi kadang-kadang karena kita ini jauh dari Jakarta suara kita kurang terdengar. Konsep Segitiga Pertumbuhan Indonesia–Malaysia–Singapura (Indonesia–Malaysia–Singapore Growth Triangle) sudah ada tinggal kita breakdwon,” ucap Buralimar, Jumat 9 Juni 2022.

Selain konsep Sijori, Dispar mengebut, juga sudah menyiapkan konsep IMT-GT Indonesia-Malaysia-Thailand Segitiga Pertumbuhan (Indonesia–Malaysia–Thailand Growth Triangle) dengan tujuan yang sama. Tapi kata, Boeralimar yang paling pas untuk Kepri adalah konsep Sijori.

“Yang paling memungkinkan itu konsep Sijori,” kata dia.

Ia menjelaskan, dengan posisi Kepri yang berdekatkan dengan negara tetangga menjadikan pelulang besar bagi Kepri untuk bisa maju dibandingan dengan daerah lain.

“Kita harus mengambil inisiatif dengan posisi Kepri yang strategis," kata dia.

Halaman:

Editor: Feri Heryanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Wisata ke Batam, Jangan Lupa Oleh-Oleh Khas Ini

Senin, 20 Juni 2022 | 08:21 WIB

Konsep Sijori Bisa Pulihkan Pariwisata Kepri

Sabtu, 11 Juni 2022 | 11:05 WIB

Rendang Indonesia Disukai oleh Warga Negara Ini

Minggu, 24 April 2022 | 09:41 WIB
X