Amsakar Ahmad: Batam Mulai Ramai Dikunjungi Wisatawan

- Kamis, 30 Juni 2022 | 12:03 WIB
Wakil Walikota Batam, Amsakar Ahmad. (istimewa)
Wakil Walikota Batam, Amsakar Ahmad. (istimewa)

Batam (HK) - Kunjungan wisatawan ke Batam menjunjukan tren positif. Tak hanya wisatawan mancanegara dan nusantara, tapi kunjungan antarpemerintah daerah juga alami peningkatan.

Wakil Walikota Batam Amsakar Ahmad mengatakan, dalam sepekan ini sedikitnya 200 orang berkunjung dari berbagai pemerintahan dari Blitar hingga Kalimantan.

“Alhamdulillah, melalui Meeting, Incentive, Convention, Exhibition (MICE) kami berupaya mendapatkan sumber pendapatan dari kunjungan antarpemerintahan daerah ini,” ucap Amsakar, Rabu 29 Juni 2022.

Amsakar mengakui saat ini masih sulit mencapai target wisatawan mancanegara seperti 2019 lalu.

Tiga tahun lalu, lanjutnya, Batam pernah mendapatkan angka kunjungan wisman hingga 2 juta orang. Sementara, untuk wisatawan Nusantara (Wisnus) terdapat kurang lebih 4 juta angka kunjungan melalui Bandara Internasional Hang Nadim Batam.

Disinggung mengenai target Wisman tahun ini, Ansar berharap harus lebih baik dibanding 2020 dan 2021 lalu.

Jika tahun lalu hanya ada 350 untuk wisman, tentu tahun ini dengan berbagai pelonggaran dan pengendalian virus covid-19 yang terus membaik diharapkan capaian bisa menembus angka 800-1,3 juta hingga akhir tahun ini.

“Dengan infrastruktur yang baik, dan memadai Batam sangat memungkinkan untuk dijadikan tuan rumah dalam berbagai kegiatan. Baik itu regional maupun nasional. Untuk itu, melalui kunjungan antar pemerintahan ini saya jus berharap ada efek terhadap tingkat hunian, belanja di restoran dan lainnya,” kata Amsakar.

Sementara, Manajer Operasional PT Synergy Tharada pengelola Pelabuhan Internasional Batam Centre, Nika Astaga mengatakan sejak dilonggarkannya aturan perjalanan kunjungan wisman mengalami peningkatan.

“Sepekan ini sampai 8.000 yang masuk Batam,” katanya.

Halaman:

Editor: Feri Heryanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hoyak Tabuik Pariaman Dihadiri Ratusan Ribu Warga

Senin, 15 Agustus 2022 | 10:41 WIB

Wisata ke Batam, Jangan Lupa Oleh-Oleh Khas Ini

Senin, 20 Juni 2022 | 08:21 WIB

Konsep Sijori Bisa Pulihkan Pariwisata Kepri

Sabtu, 11 Juni 2022 | 11:05 WIB

Rendang Indonesia Disukai oleh Warga Negara Ini

Minggu, 24 April 2022 | 09:41 WIB
X