Hagia Sophia Sudah Dikunjungi oleh Lebih dari 6,5 Juta Orang

- Senin, 25 Juli 2022 | 07:53 WIB
Masjid Hagia Sophia. (internet)
Masjid Hagia Sophia. (internet)

Masjid Hagia Sophia, sejak bangunan itu secara resmi berubah fungsinya dari museum menjadi masjid pada 2020, telah dikunjungi lebih dari 6,5 juta orang.

Seperti dilansir ahval news pada Senin (25/7/2022) Wakil Mufti Ahmet Akturkoglu Istanbul mengatakan Masjid Hagia Sophia menerima lebih dari 6,5 juta pengunjung sejak konversi ulang, sekitar 120.000 orang mengunjungi setiap hari selama sembilan hari libur Idul Adha awal bulan ini.

Hagia Sophia menerima pengunjung sesuai dengan pedoman kesehatan pemerintah Turki. Kendati demikian Akturkoglu mengatakan saat ini sudah tidak ada lagi aturan menggunakan masker di Hagia Sophia.

Ia mengatakan para petugas masjid memandu pengunjung untuk berkeliling. Namun, demikian mereka membatasi waktu yang dihabiskan jamaah di dalam masjid.

Masjid ini juga menawarkan kelas tentang tafsir Quran, dan kehidupan Nabi Muhammad.

"Hagia Sophia memiliki makna simbolis dan harus dilestarikan baik secara fisik maupun spiritualitas," kata Akturkoglu.

Sementara itu sejarawan lber Ortayl mengatakan dalam sebuah artikel yang dia tulis untuk harian Hurriyet bahwa bila jumlah pengunjung Masjid Hagia Sophia mencapai tiga juta pengunjung per tahunnya justru menjadi malapetaka bagi bangunan bersejarah tersebut.

Ia menilai Hagia Sophia sebagai monumen bersejarah harus ditutup untuk pemeliharaan secara teratur, dan pipa serta kanal di bawahnya harus diperiksa dan diperbaiki.

“Ada laporan tentang lantai yang runtuh. Dan tidak ada informasi tentang kanal dan lengkungan pendukung di bawah gedung,".

Halaman:

Editor: Feri Heryanto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hoyak Tabuik Pariaman Dihadiri Ratusan Ribu Warga

Senin, 15 Agustus 2022 | 10:41 WIB

Wisata ke Batam, Jangan Lupa Oleh-Oleh Khas Ini

Senin, 20 Juni 2022 | 08:21 WIB

Konsep Sijori Bisa Pulihkan Pariwisata Kepri

Sabtu, 11 Juni 2022 | 11:05 WIB

Rendang Indonesia Disukai oleh Warga Negara Ini

Minggu, 24 April 2022 | 09:41 WIB
X